Kamis, 07 Maret 2013



                                                           KATA PENGANTAR

 Assalamualaikum Wr.Wb
Pertama-tama saya panjatkan puja puji syukur kehadirat Allah SWT karna atas ijin-NYA saya dapat membuat blog ini.
Blog yang di buat saya ini adalah mengenai tentang kelistrikan, banyak hal yang dapat di peroleh dari Teknik Instalasi Tenaga Listrik, salah satunya adalah tentang instalasi tenaga listrik bangunan sederhana, contohnya adalah “CARA KERJA BERURUTAN 3 LAMPU”.
            CARA KERJA BERURUTAN 3 LAMPU sering di gunakan pada instalasi penerangan di hotel, instalasi ini sangat barguna bagi penerangan di hotel karna 3 lampu dapat di nyalakan dari 3 tempat yang berbeda serta orang yang akan menggunakannya tidak perlu ke tempat dimana saklar satu terletak untuk menyalakan lampu 3, cukup saklar salah satu saklar saja yang di tekan dari tiga saklar.
DEMIKIAN.
 Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati anda, Saya mohon ma’af yang sebesar-besarnya.
Terima kasih atas kunjungan anda, telah membukadan bergabung di blog saya. Salam kenal dan salam satu jiwa.

                                                                                  Probolinggo,04 Maret 2013


                                                                                               Abdul Rohim



CARA KERJA BERURUTAN 3 (TIGA) LAMPU
Cara kerja berurutan3(tiga) lampu adalah instalasi tenaga listrik bangunan sederhana. Instalasi atau penerangan ini sering di gunakan di hotel atau di gudang akan tetapi instalasi cara kerjabeurutan 3 (tiga) lampu ini bisa juga di gunakan di rumah  rumah biasa. Sebenarnya instalasi listrik bangunan sederhana banyak macamnya, akan tetapi saya hanya akan menjelaskan“ CARA KERJA BERURUTAN 3 (TIGA) LAMPU” saja.
                Apabila saya menjelaskan semua macam instalasi bangunan sederhana saya rasa saya kurang mampu,karenasayabukanahlinyadansayajugatidakbisamenjelaskantentangsemuainstalasibangunansederhana yang da di dunia.
Instalasi bangunan sederhana cara kerja berurutan 3 (tiga) lampu ini di rangkai secara paralel atau tidak seri, karena apabila di rangkai seri tegangan yang masuk kelampu atau penerangan tidak akan maksimal dan lampu yang menyala tidak begitu terang, hanya salah satu lampu saja yang nyalanya sangat terang dan kedua lampu akan redup atau biasa di sebut juga terang redup. Instalasi cara kerja berurutan tiga 3 (tiga) lampu ini bisa di aliri listik bolak-balik AC (Alternating current) bisa juga di aliri listrik arus searah atau DC (DireckCurent). Untuk lebih jelasnya anda bisa melihatnya di internet, atau anda bisa juga bertanya langsung kepada saya.
Apabila anda ingin memakai instalasi cara kerja berurutan 3 (tiga) lampu ini, anda bisa melihat gambar pengawatan yang saya buat, bila gambar tersebut kurang jelas atau tidak anda mengerti anda bisa menghubungi saya atau datang ke saya secara langsung.

Bahan-bahan untuk instalasi tersebut ialah:
Saklar kutub 1 = 1 buah
Saklar seri= 2 buah
Pipa PVC = 9 buah
Viting duduk = 3 buah
T-dos jalan 3 = 1 buah
T-dos jalan 4 =2 buah
Lampu pijar= 3 buah
Kabel merah (phasa)
Kabel biru (netral/nol)
Kabel kuning (grond)

Alat-alat yang dapat di gunakan adalah :
Obeng min (-)
Obeng plus  (+)
Obeng tespen
Tang kombinasi
Tang cucut
Tang pembulat
Tang potong
Tang kupas
Uncek
Palu

Cara kerjanya ialah:
Apabila S1 di tekan maka L3 menyala S2 dalam posisi 2 dan S3 dalam posisi sembarang.
Apabila S2 di tekan atau dalam posisi 2 dan S3 dalam posisi sembarang maka L3 menyala.
Apabila S3 di tekan atau dalam posisi 1, S1 dalam posisi on atau dalam posisi 1 dan S2 maka L3 akan menyala .
Keterangan :
S1 : saklar satu
S2 : saklar dua
S3 : saklar tiga
L1 : lampu satu
L2 : lampu dua
L3 : lampu tiga





Ini adalah gambar pengawatannya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar